Genset

6 Tips Merawat Genset Medan Agar Awet

Genset Medan – Genset  merupakan suatu mesin atau perangkat yang tersusun dari pembangkit listrik serta mesin penggerak. Mesin ini digunakan untuk menghasilkan tenaga listrik. Ada banyak varian genset listrik yang saat ini dijual di pasaran. Genset Medan dan kota lainnya biasanya dibanderol dengan harga yang tak jauh berbeda.

Agar mesin genset awet, berikut ini akan dibahas tips merawat genset listrik.

  1. Operasikan Dengan Baik

Agar mesin genset tahan lama, pastikan Anda membaca petunjuk pemakaian dan menggunakan mesin genset dengan baik dan benar.

  1. Perhatikan Kinerja Genset

Setiap kali genset digunakan, perhatikan kinerjanya dengan baik. Sehingga Anda akan segera mengetahui jika terjadi hal-hal janggal atau tak normal pada mesin genset Anda. Jika menemukan hal yang tak biasa, segera matikan mesin dan konsultasikan kepada ahli reparasi genset Medan atau kota lainnya tempat Anda tinggal.

  1. Simpan di Tempat Aman

Perhatikan juga cara dan lokasi menyimpan mesin genset agar mesin awet. Simpan mesin genset listrik di tempat yang terhindar dari genangan air.

  1. Panaskan Secara Rutin

Tips berikutnya agar genset listrik Anda awet adalah dengan rutin memanaskannya. Mesin genset yang tidak digunakan dalam waktu lama seringkali membuat mesin jadi tidak bekerja optimal. Anda cukup memanaskannya dalam waktu beberapa menit.

  1. Bersihkan Mesin Genset Secara Berkala

Jangan pernah membiarkan mesin genset dibiarkan kotor dalam waktu lama. Sebaiknya, bersihkan mesin genset secara rutin agar mesin bebas dari kotoran, debu, air serta minyak. Kotoran akan melemahkan kinerja genset sehingga genset akan mudah rusak.

  1. Periksa Spare Part Genset

Mesin genset juga perlu perawatan yang baik agar awet dan bekerja dengan baik. Selalu periksa spare part genset, kabel dan komponen lainnya. Segera ganti komponen yang sudah usang agar genset bisa bekerja kembali secara optimal.

Varian mesin genset terdiri dari turbin, genset mini, dan lain-lain. Harganya pun akan bervariasi sesuai spesifikasi genset itu sendiri. Anda bisa memilih genset sesuai kebutuhan. Namun, sebaik apapun kualitas genset yang Anda beli, yang lebih penting adalah Anda harus merawatnya dengan baik agar genset tahan lama dan bekerja optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.