Genset

Cara Mematikan Generator Set dengan Benar Agar Tidak Cepat Rusak

Genset atau generator set berperan sebagai salah satu inventaris darurat penting. Biasanya, generator set digunakan di berbagai tempat seperti kantor, restoran, dan berbagai tempat lainnya yang membutuhkan arus listrik dalam operasionalnya.

Menggunakan generator set tentu memiliki penanganan khusus dan tidak boleh sembarangan. Salah sedikit saja, bisa berakibat terjadinya kerusakan pada generator set dan berakhir tidak bisa dipakai. Tak terkecuali mematikan generator set.

Beberapa cara mematikan generator set dengan benar adalah sebagai berikut:

  1. Menurunkan Breaker

Langkah pertama yang harus Anda perhatikan sebelum mematikan genset adalah menurunkan breaker. Fungsi breaker adalah untuk memutus aliran listrik yang ada pada generator set. Setelah breaker sudah diturunkan, Anda bisa langsung mengosongkan beban generator set.

  1. Menunggu 5 Menit

Sebelum Anda mematikan mesin, tunggu kurang lebih 5 menit sampai generator set dingin. Jangan langsung mematikan generator set karena justru mematikan dalam keadaan panas akan membuat generator set menjadi lebih cepat rusak.

  1. Mengecek Semua Breaker Sekali Lagi

Anda harus pastikan kembali jika semua breaker yang ada pada generator set telah turun. Jika semua breaker sudah turun, generator set akan menjadi lebih cepat dingin. Sehingga, generator set akan menjadi terjaga dan tidak mudah rusak.

  1. Memastikan Semua Aliran Listrik Terputus

Setelah dingin, Anda harus melepas semua kabel kelistrikan yang ada pada generator set. Jangan sampai Anda lupa melepas kabel-kabel tersebut karena justru bisa menyebabkan kerusakan pada generator set hanya karena lupa.

  1. Mematikan Generator Set Sesuai Prosedur

Jika semua langkah di atas sudah dilakukan, Anda tinggal mematikan generator set sesuai prosedur atau panduan di buku petunjuk. Dengan mengikuti buku panduan, maka Anda bisa melakukan prosedur penanganan generator set dengan baik untuk menjaga umur pemakaian.

  1. Menyimpan Kembali Generator Set di Tempat yang Benar

Setelah mati, jangan lupa untuk menyimpan kembali generator set di tempat yang benar. Jika ada tempat khusus, simpan di tempat tersebut. Jika tidak, pastikan generator set ditaruh di tempat yang tidak terkena air dan tertutup.

Leave a Reply

Your email address will not be published.