Pembuatan PT Perorangan

Alasan Perlu Melakukan Pembuatan PT Perorangan Online Untuk UMKM

Untuk usaha dalam skala kecil, banyak pengusaha yang berpikir tidak perlu membentuk badan usaha seperti PT Perorangan. Walaupun prosedur pembuatan PT Perorangan online sekarang sangat mudah. 

Selain itu, ada banyak juga penyedia jasa yang pelayanannya bisa digunakan. Namun, masih banyak pengusaha yang ragu untuk melakukannya. Padahal, memiliki badan usaha yang jelas akan membawa berbagai keuntungan. 

Definisi dari PT Perorangan

Sebelum memberikan alasan perlunya melakukan badan usaha ini. Ada baiknya, untuk para pengusaha mengetahui apa definisi PT Perseorangan ini sendiri. PT Perorangan adalah salah satu jenis usaha yang memiliki badan hukum. 

Jenis badan usaha ini bisa didirikan oleh WNI yang minimal berusia 17 tahun. Usaha yang bisa memiliki badan usaha ini adalah jenis usaha UMKM atau Usia Mikro dan kecil. Untuk membuka badan hukum ini, modal awal yang dibutuhkan tidak besar. 

Sesuai dengan UU RI nomor 11 tahun 2020, PT Perorangan bisa dibuka dengan modal dasar bahkan di bawah Rp5 juta. 

Ketentuan Dalam Pembuatan PT Perorangan Online 

Salah satu alasan mengapa pengusaha enggan membuka badan usaha PT Perorangan. Karena khawatir mengenai ketentuan dan syaratnya yang sulit. Padahal, pikiran ini kurang tepat berikut adalah ketentuan dasar dalam pendirian badan usaha ini:

  • Pendiri harus merupakan Warga Negara Indonesia atau WNI yang berperan sebagai direksi perusahaan tanpa komisaris. 
  • Pendiri perlu membuat Surat Pernyataan Pendirian PT Perorangan. 
  • Mengisi form Surat Pernyataan Secara online dan menyampaikan pada Kemenkumham. 
  • Memiliki NPWP PT Perorangan. 
  • Memiliki NIB PT Perorangan. 

Jika dilihat dari ketentuan di atas sebenarnya ketentuannya cukup sederhana dan mudah. Apalagai jika dibandingkan dengan pendirian PT Badan yang lebih besar. 

Alasan Perlu Mendirikan PT Perorangan bagi UMKM 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, dengan mendirikan PT Perorangan. UMKM atau usaha kecil bisa mendapatkan berbagai keuntungan. Berikut adalah alasan kuat mengapa UMKM perlu melakukan pendirian jenis PT ini: 

  1. Proses Pendirian yang Mudah 

Untuk memiliki badan usaha sekarang tidak sesulit sebelumnya. Karena para pengusaha bisa mengurus pendirian secara online. Bahkan, untuk jenis PT Perorangan tidak perlu melalui notaris. 

  1. Melindungi Kekayaan Pribadi 

Pendirian PT Perorangan sangat penting untuk melindungi kekayaan pribadi pemilik perusahaan. Selain itu, pemisahaan kekayaan ini merupakan bukti bahwa perusahaan bisa berjalan lebih profesional dalam penghitungan akuntansi dan laba. 

  1. Memiliki Legalitas Dalam Pengajuan Pinjaman 

Untuk mengembangkan usaha pastilah seseorang membutuhkan modal. Salah satu sumber modal adalah pinjaman. Memiliki sertifikasi badan usaha, walaupun PT Perorangan saja sudah cukup untuk menjadi legalitas dalam pengajuan pinjaman. 

  1. Daftar Prioritas dalam Program Pemerintah 

Pemerintah sekarang tengah memprioritaskan UMKM dalam pengembangan usaha. Memiliki badan usaha PT Perorangan bisa membuat perusahaan masuk ke dalam prioritas tersebut. 

Karena itu, sangat penting untuk melakukan pembuatan PT Perorangan online. Tidak ada alasan lagi untuk tidak membuatnya apalagi dengan proses yang semakin mudah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.