genset otomatis untuk keluarga

Jangan Sampai Salah! Ini Dia Cara Menyalakan dan Mematikan Genset Otomatis untuk Keluarga yang Benar dan Aman

Sebagai pengguna genset otomatis untuk keluarga untuk pertama kalinya, Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting, termasuk cara menghidupkan dan mematikan genset. Tanpa memahami cara menghidupkan dan mematikan genset sesuai dengan prosedur, genset Anda akan gagal jalan. Ikuti petunjuk menghidupkan dan mematikan genset otomatis di bawah ini agar sesuai prosedur, aman, dan genset pun tahan lama. 

Cara Menghidupkan Genset 

Hal paling dasar yang harus Anda lakukan setiap kali akan menghidupkan genset adalah memeriksa bahan bakar. Pastikan bahan bakar masih ada dan cukup untuk menghidupkan genset. Tambah bahan bakar jika dirasa kurang. 

Jangan lupa untuk memeriksa komponen lainnya, termasuk air radiator, air accu, oli mesin, kabel accu, dan kabel mesin. Pastikan semuanya sudah terisi dan dalam kondisi baik. Jika sudah beres, buka box panel lalu nyalakan genset dengan menekan tombol power

Lakukan pemanasan genset terlebih dahulu setidaknya 10 menit sebelum digunakan. Periksa komponen lain sembari menunggu proses pemanasan. Jika semua komponen genset normal, gunakan untuk memberi daya listrik. 

Cara Mematikan Genset 

Mematikan genset otomatis untuk keluarga bukan berarti langsung menekan tombol off. Pastikan dulu semua komponen listrik sudah tidak tersambung dengan aliran daya listrik. Jika sudah, turunkan breaker dan biarkan setidaknya 5 menit. 

Proses ini akan mendinginkan mesin genset. Setelah 5 menit dan mesin genset mulai dingin barulah Anda bisa mematikan genset dengan menekan tombol off. 

Tips Penyimpanan Genset 

Setelah dimatikan dan dipastikan sudah aman, Anda perlu menyimpan genset otomatis ini dengan baik dan benar. Genset harus disimpan di tempat yang tidak terkena panas atau sinar matahari langsung. 

Pastikan juga area penyimpanan kering dan terhindar dari air. Selain itu, pastikan tidak meletakkan genset otomatis di tempat yang terlalu lembab. Dengan menyimpan genset di tempat yang benar, genset akan lebih tahan lama dan tidak cepat rusak.  

Walaupun tampak sepele tapi teknik menyalakan dan mematikan genset otomatis untuk keluarga bisa mempengaruhi kondisi dan performa genset. Bahkan, jika tidak sesuai prosedur, proses menyalakan dan mematikan genset bisa berbahaya. Jadi, lakukan dengan hati-hati dan sesuai prosedur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.