Genset

2 Cara Memasang Instalasi Genset di Rumah, Gampang Banget!

Genset memiliki peran yang sangat vital, baik untuk keperluan rumah tangga maupun industri. Saat terjadi pemadaman listrik dari PLN, genset jadi sumber listrik utama agar aktivitas dapat berjalan dengan lancar, terutama yang menggunakan peralatan elektronik. Berikut ini cara memasang instalasi genset di rumah.

Cara Memasang Genset ke Listrik Rumah dengan Handle

Ada dua jenis handle saklar yang umum ditemui, yaitu manual dan otomatis. Sesuai dengan namanya, handle saklar manual masih dioperasikan dengan tangan, sehingga harus memindahkan panel ke jalur PLN terlebih dahulu jika ingin menggunakan genset.

Saat terjadi pemadaman, matikan MCB pada meteran listrik di rumah, lalu pindahkan panel ke jalur genset. Jika sudah, genset baru bisa dinyalakan. Saat listrik sudah kembali menyala, matikan genset terlebih dahulu sebelum menghidupkan MCB.

Sementara instalasi genset dengan handle saklar otomatis bisa Anda lakukan ketika menggunakan genset aki. Berbeda dari sebelumnya, dengan handle saklar otomatis Anda tak perlu memindahkan panelnya. Saat terjadi pemadaman listrik, panel akan secara otomatis berpindah ke jalur genset. Sebaliknya, ketika listrik sudah menyala, panel akan otomatis pindah ke jalur listrik PLN.

Namun, untuk handle saklar otomatis harus menambahkan relay pada instalasinya. Relay berfungsi sebagai kontraktor agar genset dapat menyala dan mati secara otomatis.

Cara Memasang Genset Tanpa Handle

Memasang genset tanpa handle saklar harus dilakukan secara manual. Nah, berikut ini langkah-langkah pemasangan genset di rumah tanpa menggunakan handle.

  • Tancapkan staker pada stop kontak dan colokan genset yang ada di rumah.
  • Saat terjadi pemadaman listrik, matikan MCB pada meteran.
  • Tancapkan kabel pada stop kontak genset dan stop kontak rumah untuk mengalirkan energi listrik.
  • Hidupkan genset dan pindahkan switch breaker pada genset ke posisi
  • Saat listrik PLN kembali menyala, pindahkan switch breaker ke posisi off terlebih dahulu, lalu matikan genset dan cabut kabel stekernya.
  • Nyalakan MCB pada meteran listrik untuk menggunakan listrik dari PLN.

Memasang instalasi genset di rumah sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Saat melakukan proses pemasangan, pastikan alurnya sudah benar agar listrik mau menyala.

Leave a Reply

Your email address will not be published.