papan triplek yang disusun berdiri

Beli Triplek Berkualitas di Supplier Triplek

Triplek menjadi salah satu material yang mudah ditemukan di sekitar kita dan memiliki harga yang cukup terjangkau. Triplek merupakan bahan olahan dari kayu yang bisa dibentuk menjadi berbagai macam benda, seperti kerajinan dari triplek yang bernilai tinggi dan perabotan rumah tangga. 

Tips Memotong Triplek  

Untuk memanfaatkan triplek dari supplier triplek, anda perlu terlebih dahulu memotongnya sesuai pola yang anda inginkan. Pemotongan triplek memang terkesan mudah karena terhitung lebih tipis. Namun dalam proses pemotongan triplek, anda tetap harus melakukannya dengan benar agar hasilnya lurus dan rapi. Bila tidak, hasil potongan triplek bisa kurang bagus. 

Dibawah ini ada beberapa tips dalam memotong triplek :

  1. Gunakan gergaji khusus

Ternyata tidak bisa sembarangan dalam memotong triplek, terdapat alat khusus untuk memotongnya. Anda bisa menggunakan gergaji jigsaw untuk memotong triplek agar hasilnya rapi dan lurus. Selain triplek, gergaji jig saw juga bisa anda dapatkan di supplier triplek. 

Gergaji jig saw memiliki susunan mata yang sesuai dengan karakteristik triplek, yaitu tipis dan lurus. Gergaji jig saw juga dilengkapi dengan konfigurasi kombinasi, sudut, dan jumlah tertentu. Gergaji jigsaw dapat digunakan untuk jenis pemotongan melengkung, melingkar, berkelok-kelok, ataupun zig-zag sesuai bentuk yang anda inginkan.

Gergaji jigsaw memiliki dua jenis mata gergaji, yaitu kasar dan halus. Mata gergaji kasar digunakan untuk pemotongan yang cepat tetapi memiliki hasil kasar, sedangkan mata gergaji halus digunakan untuk pemotongan yang lambat namun dengan hasil yang lebih halus.

  1. Haluskan sisi luar triplek

Terkadang triplek memiliki sisi luar yang tidak terlalu halus, biasanya disebabkan karena cacat produksi atau benturan saat distribusi. Agar anda bisa mendapatkan garis potongan yang baik, Anda perlu terlebih dahulu menghaluskan sisi luar triplek.

  1. Landasi Triplek dengan Kayu

Anda perlu meletakkan kayu solid tepat di bawah lembaran triplek yang akan dipotong sebagai landasan. Kayu solid ini bisa mencegah triplek mengalami retakan saat proses pemotongan karena kayu solid lebih kuat dan stabil dalam menahan serat pada triplek. 

  1. Pasang Selotip di Sepanjang Garis Potong

Untuk pemotongan skala kecil, anda bisa memanfaatkan selotip untuk membantu anda dalam memotong triplek. Caranya dengan menempelkan selotip di sepanjang garis potong. Cara ini berfungsi untuk menahan lapisan vinyl sehingga tidak mudah terkelupas dan anda bisa mendapatkan hasil potongan yang baik. 

  1. Buat Pola

Sebelum memotong triplek, anda perlu membuat pola pada triplek sesuai dengan bentuk yang anda inginkan. Anda bisa menggunakan pensil dan penggaris untuk memudahkan anda dalam membuat garis.

Tripleks pada dasarnya memiliki ukuran besar, sehingga bila ingin menggunakannya anda perlu memotongnya terlebih dahulu. Tips cara memotong triplek untuk mendapatkan hasil yang bagus diatas semoga dapat membantu anda yang sedang ingin memanfaatkan triplek. Anda bisa membeli triplek di supplier triplek Jakarta dan sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.