penggunaan kaso baja ringan

Kelebihan Dari Kaso Baja Ringan Dibanding Kayu Dan Bambu

Setelah mengetahui jenis dan manfaat dari berbagai model baja ringan, kali ini akan dijelaskan mengenai kelebihan dan harga kaso baja ringan mengapa sangat direkomendasikan dan menjadi pilihan yang tepat sebagai bagian dari konstruksi rumah Anda.

Kaso baja ringan yang biasanya digunakan untuk rangka atap rumah memiliki struktur yang kuat meskipun lebih ringan dibandingkan kayu dan bambu. Jenis ini memiliki kelebihan seperti tahan karat dan rayap, lebih murah, mudah dipasang, lentur dan kuat, dan merupakan material yang dapat didaur ulang. Berikut adalah kelebihan dari jenis baja ringan yang akan dibahas secara mendalam.

  1.     Tahan karat dan anti rayap

kaso baja ringan lebih tahan terhadap rayap dibanding dengan kayu dan bambu dengan strukturnya yang ringan serta terbuat dari material logam Galvalum yang bersifat anti karat. Kedua kelebihan tersebut membuat jenis baja ini lebih tahan lama dan lebih menguntungkan karena tidak perlu mengganti material atap yang telah lapuk setelah dipapar panas, hijan dan serang cuaca yang tidak menentu.

  1.     Terjangkau lebih murah

Sebelumnya harga kaso baja ringan lebih tinggi bila dibandingkan dengan kayu dan bambu, namun dikarenakan kedua jenis tersebut mulai mengalami kelangkaan maka harganya jadi semakin mahal. Sehingga penggunaan kaso atau truss ini lebih dipilih karena selain daya tahan yang lebih unggul juga harganya yang lebih ekonomis.

  1.     Mudah dipasang

Kelebihan lainnya dari baja ringan adalah mudah dipasang. Dengan kemudahan ini maka akan mengefektifkan waktu sekaligus menjadikan biaya pengerjaan lebih murah dalam pemasangannya dibandingkan dengan bahan kayu atau bambu. Proses pengerjaan yang relatif lebih singkat ini membuat biaya teknisi atau tukang lebih murah. Harga kaso baja ringan pun jadi terasa terjangkau.

  1.     Lebih lentur dan kuat

Baja ringan dikenal lebih lentur dibandingkan dengan baja konvensional biasanya. Tegangan tarik dari baja ringan sendiri mencapai 550 Mpa berbeda dengan baja konvensional yang memiliki tegangan tarik hanya 300 Mpa. Sifat lentur ini menjadikan baja ringan lebih dapat menyerap energi. Meskipun memiliki kelenturan yang lebih dari baja konvensional, jenis baja ringan tetap dapat menahan kestabilan bangunan lebih baik dibandingkan kayu.

  1.     Merupakan material yang dapat didaur ulang

Material dari kaso baja ringan dapat dilakukan daur ulang dan dapat dimanfaatkan kembali untuk membangun bangunan lain. Jadi bila suatu saat nanti Anda ingin membongkar bangunan Anda, rangka dari baja ringan tersebut dapat bongkar dan digunakan kembali karena strukturnya yang kuat, tidak mudah lapuk ataupun mengalami penyusutan. Dan oleh sebab itu dengan kualitas yang masih sesuai standar kaso baja ringan Amda dapat digunakan kembali untuk rangka atap atau dapat ditaruh di genteng.

Setelah mengetahui kelebihan kelebihan tersebut, Anda mungkin tertarik untuk menggunakan jenis baja ringan sebagai bahan konstruksi rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.