SUDAH TAHU BELUM? TERNYATA BEGINI CARA MEMBERSIHKAN GRIDDLE GAS YANG BENAR

Masakan yang diolah dengan cara dipanggang memiliki citarasa yang khas dan bikin ketagihan. Apalagi kalau dibakarnya menggunakan bumbu yang melimpah. Namun, dibalik cita rasanya yang lezat, memanggang masakan dengan bumbu berlimpah bisa membuat griddle gas jadi lengket. Tak hanya itu, permukaan alat pemanggang pun akan jadi lebih kotor. Agar tetap terjaga kebersihannya, berikut ini cara membersihkan alat pemanggang yang perlu kamu ketahui.

Sikat Nilon untuk Pemanggang Porselen

Alat pemanggang terbuat dari material yang berbeda-beda. Selain stainless steel, alat pemanggang ada yang terbuat dari besi dan dilapisi porselen. Jika kamu menggunakan pemanggang dengan material besi berlapis porselen, gunakan sikat nilon untuk membersihkannya saat masih panas agar tidak mengikis lapisan porselen di alat pemanggang.

Selain sikat nilon, pemanggang porselen bisa dibersihkan dengan direndam di dalam air sabun saat sudah dingin. Setelah itu, gosok permukaannya dengan alat penggosok yang lembut seperti sikat gigi atau spon agar lapisannya tidak terkelupas.

Gunakan Sikat Besi untuk Stainless Steel

Untuk griddle gas berbahan stainless steel, gunakan sikat besi saat membersihkan bagian yang hitam dan lengket setelah digunakan memanggang. Jika kehitaman pada alat pemanggang sudah terlanjur lama, maka panaskan gas grilled terlebih dahulu, lalu bersihkan menggunakan sikat besi.

Agar lebih aman, jangan lupa menggunakan sarung tangan ketika membersihkannya. Selain itu, selama membersihkan alat pemanggang, gosoklah mengikuti arah besinya. 

Gunakan Aluminium Foil untuk Mengangkat Kotoran 

Membersihkan kotoran pada alat pemanggang berbahan stainless steel juga bisa dilakukan dengan aluminium foil. Caranya, panaskan alat pemanggang dan lapisi permukaan atasnya dengan aluminium foil agar panasnya lebih terkonsentrasi. Setelah itu, diamkan selama 10-15 menit hingga suhunya menurun, lalu sikat bersih bagian alat pemanggang yang kotor.

Gunakan Pembersih Khusus

Cara praktis untuk membersihkan alat pemanggang adalah menggunakan pembersih khusus. Semprotkan pembersih ke pemanggang untuk meluruhkan kotorannya. Namun, pastikan pembersih tersebut sesuai dengan material griddle gas milikmu agar tidak merusak permukaannya.

Bagaimana, sangat mudah kan cara membersihkannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.