Mengenal Peralatan yang Termasuk dalam Sous Vide Machine

Sous vide machine banyak digunakan untuk proses memasak di restoran-restoran terkenal. Teknik memasak satu ini memanfaatkan pengaturan suhu yang stabil dan terjaga untuk mencapai tingkat kematangan bahan makanan yang sempurna.

Sebagai salah satu inovasi dalam teknik memasak, peralatan yang dibutuhkan untuk memasak dengan teknik inipun berbeda. Jika dibandingkan dengan teknik-teknik memasak yang konvensional lainnya.

Sebuah dapur yang ingin melakukan teknik memasak ini, harus memiliki beberapa peralatan khusus. Namun, alat-alat yang dibutuhkan untuk melakukan teknik memasak ini bukanlah alat-alat yang sulit untuk didapatkan malah cenderung mudah.

Peralatan Sous Vide Machine yang Dibutuhkan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada peralatan tertentu yang dibutuhkan untuk melakukan teknik memasak ini. Walaupun khusus, namun peralatan masak yang dibutuhkan tidak sulit untuk ditemukan. Bahkan, terbilang mudah untuk ditemukan.

Untuk yang tertarik mencoba teknik memasak satu ini. Berikut adalah beberapa peralatan sous vide machine yang dibutuhkan.

  1. Immersion Circulator

Merupakan alat yang berupa golongan logam dan dapat dipanaskan di dalam air. Alat ini dapat mengalirkan logam di dalamnya, alat ini memiliki fungsi utama untuk membuat air terus berada di suhu yang dibutuhkan.

Selain itu, alat ini biasanya dilengkapi dengan klep. Jadi, bisa dipasang di pinggiran wadah air. Para pengguna tidak perlu memeganginya selama proses memasak sous vide.

  1. Kantung Plastik untuk Makanan

Alat ini berguna untuk meletakkan makanan dan memasukkannya ke dalam air. Pastikan untuk menggunakan kantung plastik yang tahan panas dan juga memiliki sertifikasi food grade. Untuk melakukan teknik ini dibutuhkan juga plastik makanan yang cukup tebal.

Alasannya karena plastik akan membungkus makanan dalam waktu yang lama di dalam air yang panas. Karena itu, plastik harus bisa bertahan lama.

  1. Alat Sealer

Alat ini berfungsi untuk mengeluarkan udara dari kantung plastik untuk makanan. Sangat penting untuk mengeluarkan semua udara dari plastik terlebih dahulu saat memasak. Karena adanya udara dalam plastik bisa mempengaruhi tingkat kematangan.

Untuk menggunakan teknik memasak ini, para pengguna bisa menggunakan alat sealer apa saja. Alat sealer mini untuk kebutuhan rumah tangga pun bisa digunakan, jadi tidak perlu peralatan yang terlalu besar.

  1. Wajan

Peralatan ini dibutuhkan untuk proses finishing makanan yang dimasak dengan teknik sous vide. Biasanya, bahan makanan yang sudah dimasak dengan sous vide akan dimasak lagi untuk menimbulkan kesan goreng atau panggang.

Wajan ini memiliki fungsi untuk menciptakan kesan tersebut. Namun, hal ini sudah tergantung dengan jenis makanan yang dibuat.

Itulah berbagai peralatan sous vide machine yang dibutuhkan. Ternyata untuk memasak dengan teknik ini alat yang dibutuhkan cukup banyak. Namun, masih sangat mungkin untuk dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.