dokter orthodontist terdekat

Dokter Orthodontist Terdekat Sebagai Solusi Masalah Oklusi Gigi

Masalah oklusi gigi bisa menjadi masalah serius karena bisa menimbulkan banyak dampak, mulai dari gangguan mengunyah, berbicara hingga faktor estetika wajah. Seseorang yang mengalami masalah tersebut sebaiknya segera mengunjungi dokter orthodontist terdekat agar segera mendapatkan perawatan yang tepat.

Mengenal Masalah Oklusi Gigi

Masalah oklusi atau maloklusi merupakan sebuah masalah pada yang terjadi karena penyimpangan dari kondisi oklusi gigi yang normal. Kondisi ini dapat terjadi di sisi rahang bawah ataupun sisi rahang atas pada susunan gigi manusia. 

Masalah oklusi gigi dapat menyebabkan beragam permasalahan yang bisa mengganggu aktivitas ataupun penampilan seseorang. Gigi yang tumbuh tidak sempurna dan memiliki susunan yang tidak tepat akan menimbulkan masalah oklusi. Masalah ini dapat berupa ketidakmampuan mengunyah dengan sempurna, situasi ini jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat dapat menyebabkan gangguan pada struktur wajah.

Masalah lain yang bisa terjadi karena masalah oklusi gigi adalah kesulitan dalam berbicara. Kondisi ini bisa memicu beragam permasalahan yang kompleks, terutama ketika terjadi pada masa tumbuh kembang anak. Karena itulah, masalah oklusi sebaiknya segera ditangani oleh dokter orthodontist terdekat agar berkembang menjadi masalah yang lebih serius.

Ragam Permasalahan Oklusi Gigi yang Butuh Penanganan Dokter Orthodontist

Ada beberapa kondisi masalah oklusi yang dibagi dalam tiga kategori umum berupa gangguan sistem mastikasi, gangguan perkembangan dan gangguan fungsional. Gangguan sistem mastikasi merupakan gangguan yang terjadi pada fungsi mulut berupa aktivitas mengunyah, menelan dan berbicara. 

Sedangkan gangguan perkembangan yang menyebabkan maloklusi dapat terjadi pada anak hingga dewasa, mulai dari saat tumbuhnya gigi susu, periode gigi campuran dan setelah tumbuhnya gigi dewasa. Permasalahan ini bisa terjadi karena faktor genetis atau keturunan hingga akibat kebiasaan buruk ataupun kondisi patologis organ mulut dan organ sekitarnya. 

Sementara itu gangguan fungsional dalam konteks oklusi gigi terjadi karena susunan gigi yang tidak ideal. Kondisi tersebut menyebabkan terjadinya kontak antar gigi pada sisi rahang atas dan bawah yang tidak ideal. Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan dalam mengunyah dan tumbuh kembang gigi secara keseluruhan jika terjadi pada anak.

Masalah – masalah oklusi tersebut cukup serius dan dapat berdampak buruk jika tidak diatasi. Sehingga konsultasi ke dokter orthodontist terdekat merupakan solusi yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.