sloki dengan espresso yang keluar dari mesin espresso

Astoria Machine Espresso, Mesin Andalan untuk Membuat Espresso

Kopi espresso kini bisa dibuat dengan cara yang sangat mudah dan praktis. Mesin kopi seperti astoria machine espresso dapat menghasilkan minuman kopi dengan cepat dan memiliki rasa otentik sesuai dengan biji kopi yang digunakan.

Keunikan Kopi Espresso

Mesin pembuat kopi yang baik ketika digunakan untuk menyeduh bubuk kopi berkualitas akan menghasikan kopi yang memiliki rasa dan aroma enak. Espresso merupakan salah satu jenis minuman kopi yang paling populer di kalangan penggemar kopi klasik.

Kopi espresso memang memiliki beberapa keunikan yang membuat jenis minuman kopi ini menarik. Keunikan yang pertama adalah memiliki rasa asli atau otentik berdasarkan jenis bubuk kopi yang digunakan. Aroma asli dari biji atau bubuk kopi akan bisa dirasakan ketika diseduk dengan metode membuat espresso.

Rasa otentik dari kopi espresso ini diperoleh dari proses membuat kopi yang tidak menggunakan bahan tambahan selain air. Proses membuat espresso yang hanya menggunakan air panas membuat rasa kopi tidak tercampur dengan rasa dari bahan – bahan lain.

Keunikan lain yang diperoleh dari kopi espresso adalah proses membuatnya yang terbilang sangat cepat. Hal inilah yang menjadi dasar pemberian nama espresso; express atau cepat dalam bahasa Italia. Sejarah espresso ini diawali oleh keluhan seorang Luigi Bezzera yang merasa proses membuat kopi pada waktu itu terlalu lama.

Hal unik lain dari kopi espresso adalah alat dan proses yang digunakan. Espresso dibuat dengan alat khusus berupa pembuat minuman kopi seperti astoria machine espresso. Mesin espresso ini bekerja dengan memadukan air panas dan proses dengan tekanan untuk memeras sari pati dari bubuk kopi yang dijadikan bahan membuat espresso.

Ragam Variasi dari Kopi Espresso

Meski pada awalnya kopi espresso dibuat untuk tujuan proses yang cepat dan memperoleh rasa kopi yang otentik, namun pada perkembangannya ada banyak varian kopi yang dibuat dengan dasar espresso. Seni meramu kopi dengan dasar espresso ini menjadi salah satu ketrampilan yang umum dikuasai oleh para barista.

Kini ada banyak minuman kopi populer yang dibuat dengan bahan dasar espresso dengan menambahkan gula, krim atau susu untuk menghasilkan rasa yang lebih kaya. Cappuccino dan Caffe latte merupakan dua jenis minuman kopi populer yang dibuat dengan dasar espresso.

Cappuccino dibuat dari espresso dengan tambahan susu yang diuapkan serta susu yang dibuat agar berbuih. Sedangkan Caffe latte juga dibuat dari perpaduan susu yang diuapkan dan espresso dengan perbandingan susu lebih banyak.

Beberapa jenis minuman kopi lain seperti espresso con panna dan espresso macchiato dibuat dengna menambahkan krim kocok dan susu berbuah. Espresso juga memiliki langgam yang berbeda – beda seperti espresso Americano yang lebih encer karena ditambah dengan air panas.

Semua varian tersebut bisa dibuat dengan menggunakan astoria machine espresso untuk membuat espresso yang menjadi dasar varian minuman kopi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.