ilustrasi triplek

4 Tips Memilih Material Triplek di Distributor Triplek Jakarta

Triplek merupakan salah satu material bahan bangunan yang sangat umum digunakan. Fungsi yang fleksibel dan harga murah membuat bahan ini banyak dicari dan digunakan. Beragam jenis dengan spesifikasi berbeda – beda dapat diperoleh melalui distributor triplek Jakarta yang terpercaya. Besi bisa diperoleh di distributor besi Jakarta.

Periksa Grading Lapisan Triplek

Kejelian dan pengetahuan yang tepat tetap dibutuhkan dalam memilih material triplek sesuai kebutuhan. Berikut ini beberapa tips yang bisa dipertimbangkan dalam memilih material triplek yang akan digunakan. Kualitas sebuah papan triplek dipengaruhi oleh beberapa hal seperti kualitas kayu yang digunakan, lem perekat hingga sistem penekanan yang digunakan dan potongan papan yang dihasilkan. Pemeriksaan grading sebuah papan triplek dapat dilakukan untuk melihat kepadatan material lapisan pada sebuah papan triplek. 

Pilih papan triplek yang memiliki material lapisan padat, hindari menggunakan papan triplek yang memiliki rongga atau ruang kosong pada lapisannya. Pilih papan triplek yang memiliki permukaan halus dan rata serta memiliki serat kayu yang padat. Papan triplek yang memiliki lapisan tidak homogen atau kurang padat umumnya lebih mudah rusak dan tidak memiliki usia pakai yang panjang. 

Perhatikan Potongan Papan Triplek

Hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan dan diperiksa adalah potongan papan triplek yang akan dipilih. Hindari menggunakan papan triplek yang memiliki potongan kurang atau tidak presisi. Pilih papan triplek dengan potongan yang lurus dan sudut potongan 90 derajat yang presisi. Hal inilah yang menyebabkan datang langsung ke distributor triplek Jakarta lebih dianjurkan daripada berbelanja secara online.

Triplek dengan potongan yang bengkok dan sudut yang tidak presisi akan lebih sulit dikerjakan dan dipasang sehingga membuat pekerjaan kurang efektif karena membuang lebih banyak waktu dan energi untuk memperbaiki kelurusan potongan dan presisi sudut.

Periksa Sisi Depan dan Belakang Papan Triplek dengan Teliti

Triplek memiliki dua sisi yang memiliki spesifikasi berbeda, sisi depan umumnya memiliki serat kayu yang lebih halus dan bagian belakang memiliki tipe serat kayu yang lebih kasar. Sisi depan yang halus ini umumnya dipasang pada sisi muka atau sisi yang terlihat dan bagian belakang yang lebih kasar merupakan sisi yang tidak terlihat. Lapisan depan yang halus umumnya terbuat dari jenis kayu meranti, mahoni atau terkadang jati; sedangkan sisi belakang terbuat dari kayu sengon. Pengetahuan tentang jenis dan ciri serat kayu bisa sangat memudahkan proses identifikasi ini.

Utamakan Kualitas dan Jangan Tergiur Harga Murah

Ada baiknya untuk tetap mengutamakan pilihan berbasis kualitas papan triplek yang baik. Hindari membeli papan triplek karena sekedar faktor harga yang murah. Kondisi tersebut bisa menyebabkan kerugian dan kerepotan di kemudian hari karena kualitas triplek yang digunakan kurang baik sehingga mudah rusak dan memiliki usia pakai yang singkat saja.

Itulah beberapa tips memilih papan triplek yang berkualitas. Ada baiknya untuk berbelanja material triplek dengan datang langsung ke penyalur atau penjual terpercaya. Beragam produk triplek berkualitas bisa diperoleh di distributor triplek Jakarta dengan harga yang kompetitif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.