Apa Itu Besi WF? Begini Penjelasan Selengkapnya

Material besi menjadi salah satu rekomendasi yang bisa Anda gunakan. Saat ini sudah banyak material besi yang bisa Anda jadikan pilihan, misalnya seperti Besi WF. Dimana material besi jenis tersebut sudah bisa Anda beli di berbagai toko material.

Mengenal Besi WF

Saat ini jenis Besi WF kerap dijadikan sebagai salah satu material yang digunakan untuk membuat konstruksi bangunan. Dimana jenis besi ini diklaim mampu menahan beban dan tarik yang tinggi. Tak heran banyak pemborong maupun perorangan yang mulai melirik untuk menggunakan jenis besi ini.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika besi jenis WF memiliki daya tekan dan tarik yang cup tinggi. Bahkan besi jenis WF juga cukup sempurna dalam menahan tarik dan tekan aksial. Dari segi bobot, besi jenis WF juga tidak begitu berat meskipun dari struktur kepadatan terbilang cukup tinggi.

Namun karena itulah besi jenis WF mampu dijadikan sebagai bentuk konstruksi yang lebih efisien. Kata WF pada besi jenis tersebut merupakan kepanjangan dari wide flange.

Dimana besi jenis WF adalah lempengan baja dengan kekuatan tinggi yang mampu menahan beban dan daya tarik yang cukup sempurna. Jika dilihat secara sekilas besi jenis WF terlihat serupa dengan H beam.

Meski memiliki tampilan yang sama, namun jika dilihat dari gaya tekan dan tarik, maka besi jenis WF adalah yang lebih tinggi. Dengan begitu material besi jenis WF bisa dikatakan sebagai material yang mampu membuat bangunan menjadi lebih efisien.

Besi jenis WF juga dibagi menjadi beberapa kategori, setidaknya ada tiga kategori besi jenis WF yaitu WF I, WF H dan WF Beam. Dimana ketiga kategori ini memiliki kegunaan yang berbeda dalam kegiatan pembuatan konstruksi bangunan.

Untuk segi harga sendiri sebenarnya cukup berbeda-beda tergantung dari besaran yang akan dibeli. NamunĀ  pada dasarnya setiap toko material memiliki panjang minimal untuk besi jenis WF yang mereka jual.

Oleh karena itu sebelum membeli besi WF, sebaiknya survei terlebih dahulu di beberapa toko material agar lebih tahu kisaran harga yang ditawarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.