black steel plate

Perbedaan Plat Besi Hitam dan Plat Besi Putih yang Penting Untuk Diketahui

Apakah anda tahu perbedaan plat besi hitam dan plat besi putih? Apalagi bagi anda yang bekerja di bidang konstruksi dan bahan bangunan, atau bidang jual plat besi hitam, tentu sudah tidak asing dengan keduanya. 

Meski begitu, ada beberapa orang yang belum mengetahui perbedaan keduanya. Simak ulasan berikut untuk mengetahui perbedaan antara dua jenis plat besi tersebut.

Seperti diketahui, plat besi putih ataupun hitam merupakan bahan yang biasa dipakai untuk pekerjaan konstruksi dan dikenal sebagai bahan lembaran dengan permukaan rata. Bahan ini dapat digunakan untuk alas, bahan konstruksi tangki dan lain-lain. 

Selain untuk memenuhi kebutuhan konstruksi,  bahan lembaran ini juga kerapkali dipakai di bidang manufaktur. Adapun kegunaannya tergantung dari ketebalan dari lembaran tersebut. Jenisnya pun bervariasi sesuai bentuk dan aplikasi penampang. 

1. Dari Kegunaan

Untuk plat besi hitam banyak digunakan dalam berbagai konstruksi. Bentuknya pun terbilang mirip dengan kayu lapis. Plat besi jenis ini biasanya dipakai untuk stamping, di mana merupakan proses pembentukan lembarn logam untuk berbagai keperluan. 

Selain itu, perusahaan juga memanfaatkan plat besi jenis ini untuk profil rebar mereka ataupun untuk membuat tangki menggunakan pelat dasar alat kerajinan. Hal ini lantaran bentuknya seperti lembaran sehingga dirasa cocok untuk berbagai konstruksi. 

Sementara plat besi putih terbilang lebih mudah rentan berkarat karena tidak menggunakan lapisan tertentu di permukaannya seperti plat hitam. Biasanya panel putih ini digunakan di industri otomotif karena mudah dibentuk. 

2. Ketahanan dari Karat

Plat besi putih dan hitam memiliki lapisan yang berbeda. Pada plat besi putih tidak ada lapisan khusus yang melapisi permukaannya sehingga lebih mudah dibentuk. Namun, plat besi  putih cenderung lebih mudah berkarat jika dibandingkan plat besi hitam. 

Sedangkan plat hitam biasanya memiliki lapisan khusus di permukaannya. Bentuknya pun lembaran seperti kayu triplek. Lapisan ini bisa melindungi dari karat sehingga jenis ini pun banyak digunakan untuk berbagai konstruksi. 

Demikianlah perbedaan antara plat besi hitam dan plat besi putih yang mungkin dianggap sama oleh orang awam. Keduanya ternyata memiliki perbedaan dari segi kegunaan serta ketahanan dan tidak bisa disamakan satu sama lain. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.